Kamis, 19 Maret 2009

PESAN SPIDER-MAN: INGAT TANGGUNG JAWABMU….!!!!

“Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau berpergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka .”

(Matius 25: 14)

Di benak anda masih ingatkah tentang film yang dibintangi oleh Tobey Maguire, “SPIDERMAN?” Bagi pribadi saya kepiawaian sang lakon berjumpalitan di banyak gedung, bukanlah yang paling menarik, bahkan nomor sekian. Toh.. Tarzan yang diperankan oleh Mandra pun juga bisa seperti itu. So… kalau begitu apaan yang menarik? Tobey Maguire sang Hero yang capek-capek meloncat-loncat, ternyata hanya di suruh mengusung satu pesan utama, “Semakin besar kekuatan, semakin berat tanggung jawab.” Itu menariknya,. Tidak sekedar mempertontonkan aksi hebat yang didemeni anak-anak kecil. Namun pesan hidup yang perlu kita simak sebagai kaum Kristiani yang tengah belajar tuk dewasa.,”TANGGUNG JAWAB…..!!! “

Allah yang yang kita sembah adalah Tuhan yang bertanggung jawab, anda pasti setuju? Tunggu….!! Dia ternyata juga menuntut kita menjadi insan yang bertanggung jawab lho…. Tuhan tidak pernah mengijinkan kita ceprot…. Lahir tanpa bekal apa-apa. . Dia tidk sembrono dan main tancap aja waktu nyuruh malaikat ngumumiin “halo… halo… si Parno Lahir…!!!” Kabar baiknya.. Tuhan telah menginstall TALENTA luar biasa waktu kita lahir ceprot. Apa pun anda menyebutnya: karunia, bakat, kemampuan alamiah, itu semua adalah talenta yang sudah Tuhan anugrahkan untuk kita. Tuh kan… buktinya Allah kita bertanggung jawab...

Sekali lagi…. Allah kita yang bertanggung jawab itu, juga menuntut kita bertanggung jawab. Tanggung jawab soal talenta kita tentunya. Apakah anda masih mengingat perumpamaan tentang talenta yang dibentangkan Tuhan Yesus. Coba kembali kita buka teks Matius 25: 14-30, “Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau berpergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka… .” Seterusnya kalau dilanjuti, saudara akan menyimak bagaimana sang Tuan memuji dua orang yang dititipin talenta (seorang dengan 2 talenta dan seorang 5 talenta), namun sebaliknya malah ngamuk-ngamuk kepada seorang yang punya 1 talenta. Bayangin apa nggak kasihan, Cuma 1 talenta diamuk lagi? Tunggu kita lihat dulu persoalannya? Apaan…? Bukan soal besarnya talenta dan hasilnya yang dilihat oleh sang tuan. Dia Tuan yang adil yang menyadari kemampuan anak buahnya. Tetapi soal tanggung jawab: mau menggunakan talenta dengan penuh tanggung jawab itulah yang Tuan nilai. Anda melihat kan 2 hamba bertanggung jawab, namun yang satu nyata ogkang-ongkang kaki, malasss……!!!

Sadar atau tidak,Tuhan sebenarnya menilai kita bukan pada seambrek bakat yang dimiliki dan tidak menghargai yang punya sedikit bakat. Toh… semuanya itu kasih karunia TITIK Tuhan menghargai seberapa kita bertanggung jawab terhadap talenta itu, bertanggung jawab menggunakan dan mengembangkannya untuk kerajaan ALLah. Bagi yang punya segudang bakat, inggat jangan berjumawa alias sombong, ingat tanggung jawabmu BESAR…!!! Bagi yang hanya bertalenta kecil, tidak menyolok, juga ingat…. Tidak usah minder, Tuhan tidak memandang rendah, Dia mau melihat tanggung jawab kita, Amin…?

Ingat kembali pesan Spiderman: Semakin besar kekuatan, semakin berat tanggung jawab.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar